Resep masakan hasil modifikasi sendiri dan khayalan. Atau mencatat dan menanyakan dari nara sumber terpercaya (buku resep, gogling, dan orang-orang di sekitar). Dapur bagi saya adalah tempat berkontemplasi dan meditasi, dimana keberhasilan renungan tersebut diukur dari gosong tidaknya suatu masakan. Menyerah untuk memasak sendiri? Jangan khawatir, karena layanan pesan antar sekarang sudah banyak dimana-mana.

Minggu, 24 Juni 2007

Sop Buntut - Clear Oxtail Soup

Duh sop buntut. Makanan yang cocok di waktu-waktu kelaparan, baik siang maupun malam hari. Kadang-kadang bila terlalu banyak lemaknya, air rebusan yang kebanyakan lemak sering saya buang. sampai sekarang saya masih penasaran bila menemukan sop buntut yang dagingnya kemerahan. Itu pakai sendawa dulu bukan ya? Tapi kata Mama saya sih dimerahin pakai Ang Kak tuh. Yang benernya gimana sih? Kasih tau saya dong.

Berikut resep standar Sop Buntut.

1 kg buntut sapi yang bagus, bersih, dan sudah rapi dipotong-potong
Beberapa potong kentang
Beberapa potong wortel

Bumbu

Bawang Merah goreng
Bawang Putih Goreng
Bawang Bombay dan Bawang Putih yang dicincang
Bawang Daun dipotong-potong ukuran sedang
Tomat segar secukupnya
Seledri secukupnya
sedikit pala bubuk
sedikit jahe
merica, gula, garam, penyedap rasa

Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Rebus buntut sampai empuk, kemudian rebus kentang dan wortel. Tambahkan gula garam pala jahe penyedap rasa, cicipi sampai enak terasa. Apabila kuah ingin agak kental, tambahkan 2 sendok maizena yang dicairkan dengan sedikit air. Sesaat sebelum dihidangkan taburkan bumbu-bumbu lainnya. Hidangkan dengan sambal cabe rawit dan irisan jeruk nipis.

Tidak ada komentar: