Resep masakan hasil modifikasi sendiri dan khayalan. Atau mencatat dan menanyakan dari nara sumber terpercaya (buku resep, gogling, dan orang-orang di sekitar). Dapur bagi saya adalah tempat berkontemplasi dan meditasi, dimana keberhasilan renungan tersebut diukur dari gosong tidaknya suatu masakan. Menyerah untuk memasak sendiri? Jangan khawatir, karena layanan pesan antar sekarang sudah banyak dimana-mana.

Minggu, 24 Juni 2007

Ikan Asin Peda Uap

atau Ikan Peda Tuum, whateverlah, kira-kira demikian. Kalau mau terdengar "haute" seperti di kartu menu jamuan makan resmi, bilang saja Steamed Salted Red Peda with Onion and Tomato. Btw, asin peda in English naon nya? Ini masakan bikinan Nenek saya yang sudah tua di kampung sana, biasanya bikin beginian bila Beliau sedang malas memasak. Di kampung, hawu atau apa yah istilah Indonesia? perapian gitu? memang benar-benar multi fungsi. Dengan bahan bakar kayu bakar dari ranting atau sisa penggergajian, batok kelapa, atau batang daun kelapa, daun kelapa kering dan sebagainya yang bisa dibakar, hawu ini kadang berfungsi tempat bakar sampah atau berdiang pagi hari saat udara dingin dan berkabut (walaupun suwer, badan jadi bau asap). Abu panas sisa perapian bisa untuk memanggang ubi atau telur pula.

Kembali pada ikan peda, biasanya ikan peda ini hanya ditumpangkan saja pada nasi yang sedang dimasak memakai seeng dengan aseupan dari bambu. Ikan peda ini diletakkan pada tutup rantang logam. Berikut resepnya:

2 ekor ikan asin peda merah
5 siung bawang merah iris halus
2 siung bawang putih iris halus
1 cabai merah iris halus
5 cabe rawit iris halus
1 butir tomat hijau dibelah 4 atau diiris
gula secukupnya, tidak usah pakai garam, ikannya kan sudah asin
Jagung muda eh sedang, jangan terlau tua atau muda, dipipil (diambil bijinya saja)

Campurkan semua bumbu dan jagung, dikukus sampai matang. Duh enak banget!

1 komentar:

fras mengatakan...

Duh hatur nuhun nya resepna, kaleresan dikintun peda ku pun biang ti lembur, bingung masakna pami digoreng wae kan bosen.
Wilujeng tepang bae sami-sami urang sunda nya :)