Resep masakan hasil modifikasi sendiri dan khayalan. Atau mencatat dan menanyakan dari nara sumber terpercaya (buku resep, gogling, dan orang-orang di sekitar). Dapur bagi saya adalah tempat berkontemplasi dan meditasi, dimana keberhasilan renungan tersebut diukur dari gosong tidaknya suatu masakan. Menyerah untuk memasak sendiri? Jangan khawatir, karena layanan pesan antar sekarang sudah banyak dimana-mana.

Sabtu, 23 Juni 2007

Pepes Ikan Mas Duri Lunak - Masakan Sunda

Pepes Ikan Mas, ataupun ikan-ikan lainnya yang layak dipepes, menurut saya adalah salah satu menu khas dari tanah Sunda. Ciri khas masakan Sunda menurut saya tergolong praktis, tanpa banyak mengeluarkan keringat dalam mengulek bumbu dan memarut kelapa untuk santan, walaupun tentu saja usaha-usaha tersebut tetap ada untuk masakan tertentu. Pepes Ikan mas walaupun bumbunya gampang, memasaknya lamaaaa....! dan kebanyakan teman-teman saya lebih suka mengordernya kepada saya daripada masak sendiri. Ya iya lah. Namun posting ini tetap saya tulis dan saya dedikasikan bagi Anda yang ingin bereksperimen untuk membuatnya sendiri. Eh menurut cerita, sehabis makan ikan mas, maka Anda akan mengantuk dengan dahsyat (ah eta mah kekenyangan aja, ikan mas bukan faktor). Tapi coba saja buktikan sendiri.

Pepes Ikan Mas Duri Lunak - Bahan-Bahan

2 Ekor Ikan Mas yang telah dibersihkan dan berukuran besar
1 Lembar Daun Pisang untuk bungkus secukupnya, dipanggang sebentar di api untuk melemaskan, atau dijemur

Bumbu-Bumbu

Bumbu Halus
5 siung Bawang Putih
10 siung Bawang Merah
2 potong kuyit ukuran sedang (5cm)
5 batang serai ambil bagian dalamnya, cincang halus

semua bahan ini dapat ditumbuk atau diparut

Bumbu Iris
1 ikat Bawang Daun (iris memanjang)
1 ikat daun kemangi (bersihkan, buang batang yang keras)
2 buah tomat ukuran sedang (potong-potong)
4 lembar daun salam
2 potong Jahe ukuran sedang (iris memanjang)
2 potong Lengkuas ukuran sedang (iris memanjang)

Tambahkan cabe rawit utuh atau irisan cabai merah bila suka.

Lumuri ikan mas dengan garam, biarkan meresap. Bila ingin mengurangi anyir tambahkan perasan jeruk nipis.
Bawang daun dan kemangi, diberi minyak goreng, tambahkan garam dan bumbu masak (misal Royco atau Maggi block) remas-remas sampai lemas. Bumbu lainnya dilumurkan kepada ikan masukan pula sebagian bumbu halus kedalam tubuh ikan, tambahkan bumbu iris dan bawang dan kemangi yang telah lemas tersebut.

Bungkus Ikan Mas dengan daun pisang, bisa direbus dengan air atau dikukus. Perlu diingat untuk mendapatkan pepes ikan mas tulang lunak ini lama memasaknya kurang lebih sekitar 8 jam. Setelah selesai, tiriskan. Agar harum dan wangi daun pisangnya menjadi unik, pangganglah pepes ikan ini sampai daun pisangnya agak-agak hangus dan berbau harum.

14 komentar:

globalservise mengatakan...

terima kasih utk tulisannya, gimana caranya membuat tulang lunak dgn panci presto, dikukus atau direbus

killemptywalnut mengatakan...

artikel useful banget. makasih. tambah lagi dong artikel masakan lain

rose mengatakan...

Mbak Ema, resepnya sudah saya coba dan teman2 saya menyukainya. Sekarang mereka minta 'repeat order'. Terima kasih sudah berbagi resep... :)

coep mengatakan...

mak mantap resepnya maksh bnyk ya? kalau bisa tambah lagi dong mak resep barunya> mksh

gudangkerudung mengatakan...

klo durinya mau lunak dan bisa dimakan, enakan pake presto.
terus biasanya saya klo masak pindang ikan, bumbu bumbunya di bakar dulu baru di ulek / di parut
tks

Ronald mengatakan...

mbak,kalo ga ada daun pisang,penggantinya apa ya??
Daun pisang agak susah nyari di amsterdam....

Ujang Rahmat, ST mengatakan...

Top banget resepnya ,mau saya coba dulu aaaah, terima kasih mbak ema...

Mardiana mengatakan...

bu bisa minta resep pindang tulang dari palembang ga ya, soalnya suami saya suka makan pindang...

sukseskuliner mengatakan...

Mbak ,tadinya saya pikir hrs lebih dari 5 jam,ternyata dari pengalaman saya,membuat pepes ikan mas Duri Lunak,hanya butuh kurang dari 4 jam,sdh lunak,kukus dgn api kecil,tapi air tetap mendidih.sebelum 4 jam saya coba test,ternyata tulangnya sdh lunak betul

Tips/Cara Mudah Jual Pulsa, Menjadi Agen, Buka Kios, Konter /Counter Bisnis Pulsa elektrik Harga Murah saat ini. mengatakan...

sangat bermanfaat namun sayang kayanya blognya sudah lama tdk diupdate.Apakah gerangan dengan si ema nya.Mudah-mudahan beliau tetap sehat.Amin

Eka Juwita mengatakan...

http://resepmasakan-buat-usaha.blogspot.com/
terima kasik resepnya

Nahla Fashion mengatakan...

ikut promo ya mba :)
mencari info menarik dan tips tips yang menyehatkan ikuti saja aja link ini http://resepbundapintar.com/

Ardi yansyah mengatakan...

Pepes ikan mas duri sungguh nikmat dan lezat. kamu mau share makanan atau minuman favorit kamu? ke sini aja

Ardi yansyah mengatakan...

ini situsnya http://qraved.com