Resep masakan hasil modifikasi sendiri dan khayalan. Atau mencatat dan menanyakan dari nara sumber terpercaya (buku resep, gogling, dan orang-orang di sekitar). Dapur bagi saya adalah tempat berkontemplasi dan meditasi, dimana keberhasilan renungan tersebut diukur dari gosong tidaknya suatu masakan. Menyerah untuk memasak sendiri? Jangan khawatir, karena layanan pesan antar sekarang sudah banyak dimana-mana.

Minggu, 23 September 2007

Semur Jengkol

Jengkol sering disebut ati maung. Biar serem. Biarpun mengeluarkan bau naga. Sumpah, kata saya mah jengkol teh enak pisan. Ini resepnya.
1/2 kg jengkol yang matang, tingkat kematangan tanyakan saya pada tukang jualnya, apabila direbus jengkol matang lebih "pulen". Bersihkan jengkol, rebus sampai empuk. Buang airnya. tiriskan, jengkol kemudian digeprek sampai gepeng tapi tidak hancur

Bumbu-bumbu:
Haluskan:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
2 buah cabe merah bila suka pedas
3 cm jahe digeprek saja
3 cm laja/lengkuas digeprek saja
1 batang sereh digeprek saja
Santan dari 1/4 butir kelapa

Tumis bumbu halus dan bumbu geprek, sampai harum, masukan jengkol kesayangan anda. Masukkan santan, tambahkan kecap, gula merah, garam, penyedap rasa, biarkan sampai air tinggal sedikit.

5 komentar:

barb michelen mengatakan...

Hello I just entered before I have to leave to the airport, it's been very nice to meet you, if you want here is the site I told you about where I type some stuff and make good money (I work from home): here it is

famous mengatakan...

LOL I HAVE THIS MEDANISH HUBBY WHO LOVES JENGKOL SO MUCH. THANX FOR SHARING DA RECIPEE SIS, XOXO

deye mengatakan...

Resepnya kereen, hasilnya mantapp...suami ku ktagihan semur jengkol...thaks

yaumi misbah mengatakan...

semua informasi sangat bermanfaat, terimkasih atas info Resep Jengkol

yaumi misbah mengatakan...

Enter your zip code here