Resep masakan hasil modifikasi sendiri dan khayalan. Atau mencatat dan menanyakan dari nara sumber terpercaya (buku resep, gogling, dan orang-orang di sekitar). Dapur bagi saya adalah tempat berkontemplasi dan meditasi, dimana keberhasilan renungan tersebut diukur dari gosong tidaknya suatu masakan. Menyerah untuk memasak sendiri? Jangan khawatir, karena layanan pesan antar sekarang sudah banyak dimana-mana.

Minggu, 24 Juni 2007

Kepiting Saus Pedas - Crabby Patty Hot Sauce

Kepiting Saus Pedas? Hmm...Memasak kepiting itu mudah. Yang sulit itu membunuhnya! Engga tega soalnya. Dan mahluk bercangkang keras itu memang sulit dibunuh. Kudu pas ditusuk di bagian bawahnya. Saya tidak pernah tega membunuh kepiting. Walaupun hobi memakannya. Selalu minta pada penjual untuk membersihkannya terlebih dulu. Sehingga saya bisa melewatkan proses pembunuhan tersebut.

Salah satu resep favorit saya adalah Kepiting Saus Pedas dengan warna yang merah dan merangsang selera. Berikut adalah resep memasak kepiting yang paling sering saya buat untuk teman-teman dan keluarga.

3 ekor kepiting telor ukuran besar, minta penjual untuk membunuh dan membersihkannya (kalau ingin membunuh sendiri ya silakan)
5 buah cabai merah, potong-potong
20 cabai rawit merah (biar mantap pedasnya), dipotong-potong
1 butir bawang bombay ukuran besar, kalau kecil ya 2 butir deh, diiris bulat-bulat atau memanjang
5 siung bawang putih, geprek atau rajang halus
3 butir tomat merah segar
saus tomat secukupnya
saus cabe secukupnya
saus tiram secukupnya
Penyedap rasa secukupnya (biasanya saya pakai maggi blok)
minyak wijen bila suka secukupnya
kecap ikan/kecap asin secukupnya
Bumbu instan asam pedas (bila tidak dapat, pakai saja sambal bangkok botolan plus jeruk nipis)
10 cm Jahe iris-iris seperti batang memanjang
Ang Ciu, bila suka, secukupnya

TIPS: Pada prinsipnya dalam memasak, saya selalu berpegang pada tidak ada rotan akarpun jadi, asal jangan tidak ada mentega odol pun jadi. Untuk itu saya selalu memanfaatkan bumbu yang tersisa dan tersedia di persediaan kita. Tidak perlu panik bila bumbu yang dimaksud tidak ada. Tetaplah memasak dengan penuh cinta.

Tumis bumbu-bumbu dengan mentega sampai harum. Masukan kepiting yang telah dibersihkan dan direbus sebentar, jangan lupa dibelah dan digeprek capitnya. Atau bila punya pemecah kenari itu sih ya tidak masalah. Tambahkan air sedikit, masukan saus dan semua bumbu yang telah disebutkan di atas. Masak sampai bumbu mengental. Hidangkan dengan roti mantau atau nasi putih panas. Nyam!.

Tidak ada komentar: